(Renungan) Yesus Viral

Yesus Viral
(Hiyanto Mulia)


“Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan
iapun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa
Yohanes telah bangkit dari antara orang mati”
(Luk. 9 : 7)


Kalender Liturgi Kamis, 28 September 2023
Bacaan Pertama : Hag. 1 : 1-8
Mazmur Tanggapan : Mzm. 149 : 1-2, 3-4, 5-6a, 9b
Bacaan Injil : Luk. 9 : 7-9


Sesuatu yang mengundang banyak perhatian atau cepat tersebar di media sosial disebut viral. Viral menjadi kata yang trendi pada saat ini. Suatu yang viral bisa jadi sesuatu yang baik dan juga sesuatu yang buruk. Baru-baru ini seorang akademisi mengkritik, bahkan cenderung menghina presiden. Beritanya tersiar luas di media sosial dan menjadi viral. Hal itu tentu mengundang banyak komentar baik negatif maupun positif.

Tindakan yang dilakukan Yesus bisa dikatakan viral, sehingga mengundang banyak perhatian. Berita itu sampai kepada Herodes. Herodes pun kaget dengan segala hal extraordinary yang dilakukan Yesus. Kecemasan pun mulai muncul karena ada berita yang tak kalah viralnya, tentang kebangkitan Yohanes Pembabtis. Walau Herodes yakin itu tidak benar, namun ia mendengar apa yang dibuat Yesus jauh lebih kuasa daripada Yohanes.  Herodes kuatir, kehadiran Yesus, sebagaimana Yohanes dulu, akan membawa malapetaka dalam hidupnya.

Perbuatan luar biasa yang dilakukan oleh Yesus, seseorang yang belum dikenal oleh Herodes, membuat dia heran hingga mengatakan “Siapa gerangan Dia ini?” dan membuatnya ingin menemuinya. Segala mukjizat dan tindakan baik yang dilakukan-Nya, membuat berita tersebut dengan cepat tersebar bukan hanya di Galilea, bahkan sampai ke mana-mana.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, Tuhan selalu membuat keajaiban, selalu menunjukkan hal yang extraordinary. Namun kadang kala semuanya berlalu begitu saja tanpa disadari, dinikmati, apalagi disyukuri. Semuanya terjadi karena aktivitas harian, seperti pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi sehingga menyita perhatian akan hal-hal yang Tuhan berikan; apalagi jika hati, perasaan, dan pikiran terbelenggu oleh hal-hal seperti permasalahan, kecemasan, kegelisahan, kekuatiran, dan lain-lain. Semua ini akan membuat kita semakin tidak menyadari akan keajaiban dan berkat Tuhan di dalam hidup kita.

Jadi jangan seperti Herodes yang penasaran ingin melihat Yesus tapi tidak merasakan keajaiban, karena telah menutup pintu hatinya. Sebagai murid Yesus, marilah membuka hati untuk melihat keagungan Tuhan, melihat tanda-tanda ajaib yang Tuhan berikan di dalam kehidupan dan aktivitas harian kita.


Doa: 

Tuhan, terima kasih untuk anugerah-Mu. Semoga kami selalu membuka hati kami untuk melihat dan merasakan petunjuk-Mu, mendengarkan suara-Mu. Semoga kami dapat selalu mengucap syukur atas segala sesuatu. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang