(Renungan) Siapakah Aku ini?

Siapakah Aku ini?
(P.N. Arief Mulyono)



Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? 
(Luk 1:43)



Kalender Liturgi Selasa, 21 Desember 2021
Bacaan pertama     : Kid 2:8-14
Mazmur Tanggapan    : Mzm 33:2-3.11-12.20-21
Bacaan Injil     : Luk 1:39-45


Sering aku bingung dan bertanya dalam hati kecilku, “Siapakah aku ini?” Mungkin pertanyaan ini juga banyak menjadi pertanyaan banyak orang. Terutama dalam situasi-situasi yang sulit dan masih gelap untuk masa-masa ke depan. Pada masa pandemi yang sudah berjalan hampir 2 tahun, banyak dari teman-teman dan sahabat kita yang terdampak baik secara ekonomi maupun psikologis. Banyak yang terkena phk dari pekerjaannya, atau dirumahkan, maupun terdampak karena perubahan situasi atau kebiasaan masyarakat sehingga kita belum bisa berkumpul secara bebas. Bahkan untuk liburan natal saja dibatasi dan harus di geser. Tidak sedikit orang yang mengeluh karena sudah merencanakan liburan untuk berkumpul, beramah tamah dan rekreasi. Namun perlu diingat kembali bahwa semua peraturan yang di buat itu untuk kepentingan bersama agar kita semua tetap dalam keadaan sehat dan penularan covid bisa diredam.

Dalam bacaan injil hari ini,  kita belajar dari semangat Bunda Maria dimana Bunda Maria yang mengambil inisiatif awal dengan berangkat menuju ke rumah Zakharia untuk mengunjungi Elizabet yang sedang mengandung, meskipun jalan menuju ke rumah Elizabeth tidak mudah namun Bunda maria tetap melakukannya. Ketika Bunda Maria sampai ke rumah Elizabeth bayi dalam perutnya melonjak kegirangan menyambut salam dari bunda Maria. Bayi yang dikandung Elizabeth mengenali suara dari Tuhan sehingga melonjak kegirangan.

Saya pun harus belajar untuk mendengarkan, di mana dalam keadaan sulit ini mungkin saya diajarkan untuk belajar duduk diam dan mendengarkan suara Tuhan. Sehingga saya tidak banyak mengeluh karena di luar mungkin yang lebih parah keadaanya dari saya juga ada. Seperti kejadian yang terjadi di daerah letusan gunung semeru. Dimana mereka sudah dalam keadaan pandemi masih tertimpa dengan keadaan bencana alam.

Dalam hidup ini jalan bersama Yesus memang tidak selalu mudah namun bila kita berjalan bersama Yesus kita selalu ada yang mendampingi dan menemani sehingga kita di mampukan untuk menyelesaikan semua masalah yang ada. Dan dengan demikian kita dimampukan untuk melihat keindahan keindahan perjalananan hidup dan bisa menemukan jawaban dari pertanyaan siapakah aku ini?


Doa:

Ya Allah, temani kami semua yang masih menjalani perjalanan hidup kami di dunia ini agar bisa selalu dekat dengan-MU dan bantu kami untuk selalu bersyukur dan berbuat hal-hal yang baik sehingga kami boleh bermanfaat bagi banyak orang. Sehingga semuanya boleh menjadi indah pada waktunya. Amin.




Lagu Rohani Kristen - Siapakah Aku ini Tuhan - YouTube

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3DrT-veCZ_hcw&psig=AOvVaw0D2XGLdRBrllyImlW3B_i9&ust=1639009895787000&source=images&cd=vfe&ved=0CAsQjRxqFwoTCNDr0vv50vQCFQAAAAAdAAAAABAF



Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang