(Renungan) Tuhan Selalu Menyertaiku

Tuhan Selalu Menyertaiku
(Paulus Aswin Sani)



Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala
(Luk. 10 : 3)



Kalender Liturgi, Selasa 18 Oktober 2022
Bacaan Pertama : 2 Tim. 4 : 10-17a
Mazmur Tanggapan : Mzm. 145: 10-11, 12-13ab,17-18
Bacaan Injil : Luk. 10 : 1-9


Seringkali saya mendengarkan perikop ini : “Pergilah, sesungguhnya Aku mengutus kamu seperti anak domba ke tengah-tengah serigala.” Dalam benak saya selalu mengartikan bahwa, Tuhan Yesus sedang menguji murid-murid-Nya untuk pergi mewartakan.

Saya teringat sewaktu saya terpilih menjadi Koordinator KKS di Lingkungan saya. Ketua lingkungan tahu kalau saya sedang mengikuti KPKS pada saat itu. Ada 5 orang peserta KPKS dari Lingkungan saya tetapi kenapa saya yang ditunjuk sebagai ketua koordinatornya. Saya bertanya-tanya "Apakah saya sedang diuji?"

Tibalah hari BKSN dan saya harus membawakan di pertemuan pertama. Betapa stresnya saya seperti menghadapi hari ujian. Karena saya baru pertama kali membawakan pertemuan itu, di pikiran ini terbayang-bayang seandainya salah mengatakan sesuatu dan betapa malunya ditertawakan. 

Sebelum mulai pertemuan saya berdoa secara pribadi, memohon bimbingan Roh Kudus agar saya bisa menjalankan tugas ini dengan baik. Acarapun dimulai dengan pendahuluan dan seterusnya. Tak terasa dan pertemuan pun selesai. Ada beberapa teman yang meminta untuk disharekan slide presentasi kepada mereka. Apakah saya lulus Ujian ?

Membaca berulang-ulang dari bacaan pertama, Mazmur, injil hari ini dan merenungkannya. Saya mendapatkan pencerahan yang berbeda. Pertanyaan-pertanyaan "Apakah saya sedang diuji, Tuhan ?", "Apakah saya lulus ujian ?" Itu hanya di pikiran saya sendiri. Tuhan tidak sedang menguji saya!

Di Mazmur hari ini, tersirat betapa Tuhan Allah selalu menyertai bangsa Israel. Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru dalam kesetiaan. (Mzm. 145:18 )

Di 2 Tim. 4:17, Tuhan Yesus selalu mendampingi Paulus dan menguatkannya serta merasakan terlepas dari mulut singa.

Di Injil Lukas, meskipun Tuhan Yesus mengatakan mengirim mereka ke tengah-tengah serigala namun Tuhan Yesus selalu mendampingi murid-murid -Nya dalam pewartaan mereka. 

Jika kita percaya, mempunyai iman yang kuat serta berseru kepada-Nya, Tuhan akan menjawab: “ Aku selalu menyertaimu.“


Doa:

Tuhan yang Maharahim, betapa bergetarnya hati ini ketika aku mendapatkan jawaban dari-Mu. Biarkan dan kuatkan selalu imanku. Terima kasih atas penyertaan-Mu setiap saat padaku. Amin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang