(Renungan) Ketika Tuhan Memanggil, Katakanlah Ya

Ketika Tuhan Memanggil, Katakanlah Ya  
(Gregorius Suyanto Utomo)



Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia."
(Mat. 1 : 19)



Kalender Liturgi Rabu, 30 November 2022
Pesta Santo Andreas, Rasul
Bacaan Pertama : Rm. 10 : 9-18
Mazmur Tanggapan : Mzm. 19 : 2-3, 4-5
Bacaan Injil : Mat. 4 : 18-22


Sering kali kita berpikir bahwa bekerja menjala manusia itu berarti kita harus menginjili orang-orang. Padahal, bila kita mengerjakan sebagian dari kegiatan Gereja, entah itu sebagai pelaksana tugas misa, menjadi ketua lingkungan, koor, pengajar PERSINK, pengajar Katekese untuk katekumen baru dan sebagainya, itu sudah berarti kita bekerja mengikuti Tuhan Yesus untuk menjala manusia.
 
Ketika seseorang diminta menjadi Prodiakon, atau ketua Lingkungan, atau pengajar di Gereja, banyak yang menanggapinya dengan ketidakyakinan apakah mampu melaksanakan pekerjaan tersebut. Alasannya bisa macam-macam, ada alasan kekurangan waktu karena kesibukan sehari-hari dalam mencari nafkah, ada yang beralasan kekurangan ketrampilan dan pengetahuan atau kendala lainnya.

Ketika saya diminta untuk menjadi ketua lingkungan pada Agustus 2007, saya sedang sangat sibuk di pekerjaan saya masa itu. Banyak pertemuan yang harus saya hadiri dengan pihak wakil pemerintah, di mana saya mewakili perusahaan tempat saya bekerja. Saya juga harus sering terbang ke lapangan di Kalimantan. Praktis pekerjaan saya sangat menyita waktu dan tenaga, dan semua itu bukan hanya perlu dihadiri, tetapi perlu persiapan sebelumnya. Setiap pertemuan, harus didahului pertemuan pendahuluan di internal perusahaan. Pada saat yang bersamaan juga saya di kantor diminta untuk menjadi Ketua BAKORUMKRIS (Badan Koordinasi Umat Kristen). 

Setiap kali Tuhan memanggil seseorang untuk bekerja di ladang Tuhan, Tuhan juga memberi fasilitas dan sarana untuk melaksanakannya. Fasilitas tersebut bisa sudah diberikan jauh hari sebelumnya, atau baru diberikan setelah kita menerima tanggung jawab tersebut. Apa saja fasilitas terbebut? Fasilitas yang terutama adalah waktu, kekuatan tubuh, kecerdasan (bimbingan Roh Kudus), dan fasilitas lainnya.

Ada banyak keajaiban yang saya alami saat menjalani tugas Gereja tersebut. Antara lain adalah “waktu”. Tuhan memberikan saya waktu. Beberapa proyek perusahaan yang biasanya butuh tiga kali pertemuan baru bisa mendapat persetujuan, setelah saya menjalani tugas Gereja, dalam dua kali pertemuan sudah dapat persetujuan dari pihak pemerintah. Seorang pejabat yang biasanya sulit ditemui, pada saat dibutuhkan, menjadi mudah ditemui dan sangat membantu.   


Doa :

Ya Tuhan yang Mahabaik. Engkau sungguh baik, tumbuhkanlah iman kami, agar kami semakin percaya bahwa setiap tugas yang Engkau berikan, kami dapat melaksanakannya asal kami percaya dan mau. Bebaskanlah kami dari belengggu rasa takut akan kegagalan. Tambahkanlah iman kami agar kami percaya bahwa Engkau menyertai kami dalam segala pekerjaan baik yang kami lakukan. Amin.
KAMU AKAN KUJADIKAN PENJALA MANUSIA | SANG SABDA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang