(Renungan) Melihat dan Mengikuti Kristus Hingga Akhir

Melihat dan Mengikut Kristus Hingga Akhir
Made Shinta



Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia”
(Yoh. 1 : 29)


Kalender Liturgi Minggu, 15 Januari 2023
Bacaan Pertama : Yes. 49 : 3, 5-6
Mazmur Tanggapan : Mzm. 40 : 2.4a, 7-8a, 8b-9,10
Bacaan Kedua : 1 Kor. 1 : 1-3
Bacaan Injil :  Yoh. 1 : 29-34  


“Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia”.  Seruan Yohanes Pembaptis kepada pengikutnya yang berkumpul di sungai Yordan. Ia berseru agar mereka melihat kepada Tuhan Yesus yang datang untuk dibaptis. Yohanes Pembaptis mengetahui bahwa ia diutus untuk mempersiapkan jalan bagi seseorang yang telah ada mendahuluinya, dan yang telah ada sebelum dia. 

Walaupun ia masih bersaudara dengan Tuhan Yesus, tetapi sampai saat itu ia masih belum dapat mengenali bahwa Yesus adalah Sang Mesias. Ia ingat bahwa Allah yang mengutusnya untuk membaptis dengan air, telah berfirman : “Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus”.  
Maka setelah Yohanes melihat Roh turun dari langit seperti merpati yang tinggal di atas Tuhan Yesus yang dibaptisnya,  barulah ia mengenalinya dan segera memberikan kesaksian kepada orang banyak bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah .

Yohanes Pembaptis berseru agar orang banyak melihat ke arah Tuhan Yesus. Melihat, adalah langkah pertama untuk dapat mengenal-Nya, dilanjutkan kepada pemahaman siapakah Yesus Kristus dan untuk apa Ia datang ke dunia, dan diakhiri dengan percaya dan mengikuti-Nya sampai akhir. 

Saya pertama kali melihat ke arah Kristus pada saat kelas empat SD, diperkenalkan oleh seorang guru Bina Iman yang datang mengajar di sekolah setelah pelajaran usai. Tetapi dibutuhkan waktu bertahun-tahun dan melalui banyak orang yang membawa saya kepada pemahaman yang benar akan siapa Kristus dan ajaran-Nya. Untuk seseorang dapat melihat dan mengikuti Kristus, perlu ada yang memperkenalkan-Nya. Seperti yang dilakukan oleh Yohanes Pembaptis yang berjasa  karena memperkenalkan Yesus pada orang banyak dan membukakan serta menyiapkan jalan Yesus untuk mulai berkarya sesuai dengan kehendak Bapa-Nya.

Marilah mengenang dan berdoa bagi orang-orang yang berjasa mengenalkan kepada Kristus, dan yang membantu kita untuk lebih memahami ajaran dan kehendak-Nya. Semoga kita pun dapat membawa orang melihat dan mengikuti Kristus melalui perkataan dan perbuatan kita.  


Doa :

Tuhan Yesus yang baik, puji dan syukur atas kasih dan pengorbanan-Mu di kayu salib untuk menghapus dosa dunia. Sudah layak dan sepantasnya bila kami yang telah menerima anugerah keselamatan, membagikan kabar suka cita ini kepada orang-orang yang masih belum mengenal-Mu, dan juga bagi yang masih belum paham akan ajaran dan kehendak-Mu. Mohon berikan kami keberanian untuk memulainya, arahkanlah dalam pelaksanaannya, dan bantulah sampai kepada penyelesaiannya. Amin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang