(Renungan) Roh Kebenaran

Roh Kebenaran
(Johanna Kemal) 


Namun, apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, 
Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran.
(Yoh. 16 : 13a)


Kalender Liturgi Rabu, 17 Mei 2023
Bacaan Pertama : Kis. 17 : 15.22–18:1
Mazmur Tanggapan : Mzm. 148 : 1-2, 11-12ab, 12c-14a, 14bcd
Bacaan Injil : Yoh. 16 : 12-15


Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus mengatakan bahwa Dia adalah jalan, kebenaran dan kehidupan. Ketiganya menyatu di dalam Yesus. Amanat perpisahan adalah pesan paling esensial bagi orang yang akan ditinggalkan. Jalan yang benar adalah mengikuti Yesus. Pasti tidak akan tersesat. Lalu ke mana Yesus akan membawa orang yang mengikuti-Nya? Menuju kehidupan sejati, kekal bersama Allah. Wouw... alangkah indahnya.

Namun mengikuti Yesus tidaklah mudah. Kita sering kali dihadapkan atau dipercaya untuk tugas-tugas yang terasa berat seakan tak mungkin dapat ditanggung. Saya teringat ketika romo paroki menugaskan saya pada tahun 2019 untuk menjadi pemimpin redaksi majalah paroki. Saya tidak bisa menolak, karena merasa bahwa ini seolah Yesus berbicara melalui romo. Dalam hati saya bertanya, bagaimana saya bisa melakukannya? Saya tidak punya pendidikan dan pengalaman jurnalistik. Saya hanya seorang Legioner yang suka menulis. Saya hanya punya pengalaman memimpin ketika bekerja di bank. Namun dengan keyakinan, bahwa bila Yesus sebagai Roh Kebenaran menghendaki, maka Dia juga akan memimpin. Tak terasa masa empat tahun telah saya selesaikan dengan penuh syukur. Majalah selalu terbit tanpa pernah gagal sekalipun. Itu tentunya karena kuasa Yesus yang memimpin. Saya dibimbing Tuhan Yesus melalui pemimpin redaksi sebelumnya, juga kerja sama yang baik dalam tim redaksi dan umat. Saya menjalaninya dengan semangat rendah hati, sabar, dan konsisten sebagaimana Bunda Maria yang menjadi panutan semua Legioner.

Bagaimana dengan anda? Dalam panggilan sebagai suami, istri, anak, orang tua, single mom, single dad, biarawan, biarawati atau just single, bukankah kadang kita menghadapi suatu hal yang secara logika tidak mungkin? Namun Roh Kebenaran pasti membimbing jika kita percaya. Roh Kebenaran selalu membisikan kasih Allah. Ia mengarahkan jalan dan memberi petunjuk pada seluruh kebenaran, termasuk bahwa tak ada yang tak mungkin bila kita mengandalkan-Nya. Jadi mari kita mengikuti Yesus dan melaksanakannya dengan iman yang teguh hingga tugas kita di dunia berakhir.


Doa:

Ya Yesus, terima kasih atas warta cinta-Mu yang sangat penting kepada kami. Pimpinlah kami agar terus percaya dan setia mengikuti-Mu meski berbagai kesulitan menghadang. Kami percaya bahwa jalan-Mu adalah jalan Kebenaran dan Kehidupan. Roh Kebenaran selalu membimbing  kami selamanya menuju kepada Kehidupan. Amin.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgxBG12bJYQbbHL2BeUlaYaOIwKs3jDAS6F55OIhvRKPNwMlF6lY8msVQ2JxbnwXFV94lFq861-VX9fwIKYOs4b5a2v6UMXmfdvEsDOlS7E0JCpe1VoGvJlDILuqZ_adEncJn4pa3Y1vbku/s1600/download+-+2019-08-22T175156.660.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang