(Renungan) Tidak Lelah dan Jemu Mewarta

Tidak Lelah dan Jemu Mewarta
(Fellicia Fenny)


Dan Aku pun berkata kepadamu: "Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini 
Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya."
(Mat. 16 : 18)


Kalender Liturgi Kamis, 29 Juni 2023
HR. St. Petrus dan St. Paulus, Rasul
Bacaan Pertama : Kis. 12 : 1-11 
Mazmur Tanggapan : Mzm. 34:2-3, 4-5, 6-7, 8-9 
Bacaan Kedua : 2 Tim. 4 : 6-8, 17-18
Bacaan Injil : Mat. 16 : 13-19


Ayat di atas adalah ungkapan janji Yesus bahwa Dia akan mendirikan gereja-Nya (jemaat-Nya) berlandaskan kebenaran dari pengakuan Petrus yang kokoh bahwa Yesus adalah Mesias, anak Allah yang hidup (Mat. 16:16). Yesus sendirilah batu karang itu, yaitu landasan utama dan pertama dari gereja (1 Kor. 3:11).
 
Janji dalam Mat. 16:18 bahwa alam maut tidak akan menguasainya, bukan berarti jemaat-Nya bebas dari gangguan roh jahat dan semua usaha jahat dunia untuk membinasakan gereja Kristus. Hanya mereka yang setia, tidak menyangkal imannya dan tidak suam-suam kuku, yang tidak akan pernah dapat dibinasakan oleh Iblis dan seluruh bala tentaranya.

Terkadang dalam pelayanan mewartakan kabar sukacita, saya seringkali menjadi suam-suam kuku. Permasalahan hidup kerap kali mengganggu pikiran dan perasaan saya. Merasa tidak layak dan ragu untuk mewartakan kasih Allah, karena tidak cukup memberi teladan. Hal ini seringkali membuat saya mandek dalam pelayanan saya.

Namun saya bersyukur ikut ambil bagian dalam komunitas 3TiTiK yang 'memaksa' saya untuk konsisten dan terus menerus secara berkala, mewartakan kabar sukacita, kebaikan serta kasih Tuhan dalam hidup saya. Karena hanya kasih karunia, kebijaksanaan, dan kuasa-Nya yang Mahabesar sajalah, yang membuat saya dapat menjalani peziarahan di dunia ini dengan kuat. 

Sekalipun iblis berusaha sekuat-kuatnya untuk menghancurkan gereja dan jemaat-Nya, gereja tidak akan dibinasakan. Allah senantiasa memiliki sekelompok orang percaya, yang tetap setia kepada Injil Kristus dan rasul-rasul-Nya serta mengalami persekutuan Allah Bapa, Putera, dan Roh Kudus.

Hari ini kita memperingati Hari R
aya St. Petrus dan Paulus. St. Petrus rasul yang dipilih Tuhan untuk menggembalakan domba-domba-Nya di dunia ini. Sedangkan St. Paulus adalah santo pelindung KPKS, rasul pilihan Tuhan untuk mewartakan Injil ke ujung bumi. Saya berharap komunitas 3TiTiK, yang beranggotakan alumni KPKS Tangerang, akan menjadi salah satu dari umat Allah yang setia, seperti Santo Paulus, yang tidak lelah dan jemu mewartakan kabar sukacita Injil. 


Doa:

Tuhan Yesus terima kasih atas kasih karunia dan penyertaan-Mu dalam komunitas 3TiTiK selama 3 tahun ini. Kiranya Roh Kudus yang menggerakkan kami untuk setia mewartakan kasih dan kebaikan-Mu dalam hidup kami. Kami kembalikan pewartaan kami ke dalam tangan kasih-Mu dan hanya untuk kemuliaan-Mu saja. Amin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang