(Renungan) Penyerahan Total kepada Allah yang Menyelamatkan

Penyerahan Total kepada Allah yang Menyelamatkan
(Ign. Hardjo SL.)


“Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari padamu. Jadi tidak ada tulah kemusnahan di tengah tengah kamu apabila Aku menghukum Mesir.” 
(Kel. 12 : 13)


Kalender Liturgi, Jumat 21 Juli 2023
Bacaan Injil : Kel. 11 : 10 - 12 : 14
Mazmur Tanggapan : Mzm. 116 : 12-13, 15-16c, 17-18
Bacaan Injil : Mat. 12 : 1-8


Tanda darah di pintu adalah tanda ketaatan dan penyerahan diri dari umat Israel kepada Allah, yang menyelamatkan mereka dari bangsa Mesir.  Umat Israel ini dipahami sebagai orang yang percaya kepada Allah. 

Seperti juga saya dan semua umat Kristiani sekarang ini, percaya bahwa darah Yesus yang mengalir pada kayu salib, sebagai tanda ketaatan dan penyerahan total 'Anak Manusia' kepada kehendak Allah dan karena itu Allah menyelamatkan Dia melalui kebangkitan. 

Saya percaya, bahwa semua kejadian dalam hidup ini pasti Tuhan punya rencana yang baik buat saya. Saat perusahaan tempat saya bekerja ada pergantian pucuk pimpinan kepada generasi yang lebih muda, suasana kerja menjadi sangat berbeda dan tidak nyaman bagi saya yang termasuk generasi tua di perusahaan. Akhirnya saya memilih untuk meninggalkan perusahaan itu. 

Tidak mudah bagi saya untuk meninggalkan zona nyaman saya selama 25 tahun bekerja di sana. Ada rasa takut untuk bisa bekerja lagi dengan baik di perusahaan lain. Namun saya selalu bawa dalam doa dan menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan dan percaya akan diberikan jalan keluar terbaik bagi saya. 

Setelah beberapa bulan kemudian, saat saya ke ikut misa hari Minggu pagi, saya bertemu dengan teman di gereja. Dia adalah wakil pemegang saham perusahaan joint venture dengan perusahaan saya bekerja dulu. Saat kami berbincang bincang, dia menawarkan untuk bergabung ke perusahaannya dan akhirnya saya diterima bekerja di tempatnya. Sungguh Tuhan luar biasa bahkan saya mendapatkan perusahaan yang lebih baik dari tempat saya bekerja sebelumnya.

Saya melihat kesaksian iman dalam kitab Keluaran ini menjadi suatu yang nyata, ketika kita percaya, menyerahkan diri dan taat kepada Allah, maka kita akan diselamatkan dari kuasa maut dan dibebaskan dari segala perbudakan dan kuasa roh jahat. Allah akan memberikan suatu pembebasan dari hal yang tidak baik menjadi lebih baik.  

Selanjutnya bagaimana upaya saya agar mampu selalu taat dan berserah total kepada Allah, dan tidak mengandalkan kekuatan sendiri?


Doa :

Allah Bapa di Surga saya mohon rahmat dari-Mu agar saya selalu mampu berserah secara total kepada kehendak-Mu, sehingga jauh dari mengandalkan kekuatan diri sendiri yang tidak akan membuahkan hasil yang baik. Dengan demikian nama-Mu semakin dimuliakan diantara umat-Mu. Amin.


https://media.sabda.org/ilustrasi/dsmedia/kitab/02_keluaran/02_Kel_12_02.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang