(Renungan) Aku Percaya akan Kasih

Aku Percaya akan Kasih
(RD Bernadus Hardijantan D.)

Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu; 
ia melihatnya dan percaya
(Yoh. 20:8)

Kalender Liturgi Rabu, 27 Desember 2023
Pesta Santo Yohanes, Rasul dan Penulis Injil
Bacaan Pertama : 1Yoh. 1:1-4
Mazmur Tanggapan : Mzm. 97:1-2. 5-6. 11-12
Bacaan Injil : Yoh. 20:2-8

Santo Yohanes, rasul dan penulis Injil, yang kita pestakan hari ini, saya sebut sebagai rasul kasih. Yohanes hanya mewartakan satu hal, yaitu kasih Allah. Yohanes percaya akan kasih Allah itu. “Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita” (1Yoh. 4:16). 

Yohanes mengungkap diri dengan kata “murid yang dikasihi Yesus”. Dalam kisah kebangkitan Yesus itu, Petrus dan Yohanes berlari menuju makam Yesus. Karena tenaganya masih muda, Yohanes tiba terlebih dahulu. “Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kafan terletak di situ. Namun, ia tidak masuk ke dalam.” Yohanes pun menulis,”… ia melihatnya dan percaya.” Yohanes telah mengenal dan percaya akan kasih Allah dalam diri Yesus yang telah bangkit.
 
Paus Benediktus XVI percaya akan kasih. Ensiklik Deus Caritas Est, Allah adalah kasih, adalah keyakinannya ketika ia diangkat sebagai Paus ke-265 pada tahun 2005. Carut marut dunia terjadi karena tiadanya kasih dalam kehidupan manusia. Padahal hanya kasih itulah yang menyelamatkan dunia dari kekacauan dan kepunahan. 

Saya memiliki buku “I Believe in Love”, a personal retreat based on the teaching of St. Therese of Lisieux. Aku percaya akan kasih. Mudahkah? Santa Theresia mengalami kehilangan Tuhan. Tuhan terasa absen, alpa, tidak hadir dalam kehidupan. Hidup menjadi hampa, terasa sesak di dada. Namun, Theresia tetap percaya akan kasih-Nya. 
 
Seorang ibu punya masalah bertahun-tahun yang tak terselesaikan. Tiap hari bisa rosario 9 putaran. Aktif dalam pelayanan gereja. Masalahnya tetap ada, tak terurai. Ia berbeban dan merasa kehilangan Tuhan. Ia bingung dan suka muring-muring. Lalu, saya mengatakan, “Ibu, Tuhan izinkan semua itu terjadi, rasa kehilangan Tuhan, rasa senyap kasih Tuhan itu. Ibu akan naik kelas dalam hidup beriman. Ibu belajar apa artinya setia kepada Tuhan, pun kalau Tuhan terasa tidak hadir.” Akhirnya ibu itu berkata, “Romo, saya tetap setia koq dan percaya akan kasih-Nya meskipun Tuhan sedang bersembunyi dalam kehidupan saya.” 

Doa:

Allah Bapa, Rasul Yohanes penulis Injil mewartakan kasih-Mu di dalam diri Yesus Kristus yang telah bangkit dari alam maut. Yohanes percaya akan kasih-Mu itu. Bantulah kami agar melalui peristiwa hidup sehari-hari yang sering misteri, kami tetap setia dan percaya akan kasih-Mu. Temanilah kami dalam mengarungi kehidupan ini sampai Kauperkenankan kami memasuki Kerajaan-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang