(Renungan) Sikap Berserah Total

https://sanyospwt.files.wordpress.com/2017/05/bunda-maria-dan-malaikat-gabriel.jpg?w=244&h=288


Sikap Berserah Total
(Alberta)

“Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan;

jadilah padaku menurut perkataanmu itu." 

(Luk. 1:38)


Kalender Liturgi Minggu, 24 Desember 2023

Bacaan Pertama : 2 Sam. 7:1-5, 8b-12, 14a, 16

Mazmur Tanggapan : Mzm. 89:2-3, 4-5, 27, 29

Bacaan Kedua : Rom. 16:25-27

Bacaan Injil : Luk. 1:26-38


Dalam Injil Lukas bab 1 selain menceritakankan perikop pemberitahuan kelahiran Yesus, juga tentang kelahiran Yohanes Pembaptis. Malaikat Gabriel mengunjungi Zakharia dan Maria untuk menyampaikan pesan dari Tuhan. Reaksi awal baik Zakharia maupun Maria adalah sama-sama terkejut. Tetapi reaksi terkejut Zakharia diikuti oleh rasa takut (Luk. 1:12). Sedangkan sikap Maria setelah terkejut mendengar salam dari Malaikat Gabriel disertai tindakan bertanya dalam hati, apakah arti salam itu (Luk. 1:29).


Maria mendengarkan dengan seksama setiap perkataan dari Malaikat Gabriel. Nalar seorang Perawan Maria berjalan ketika menerima pesan malaikat bahwa ia akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Bagi Maria hal ini tidak mungkin terjadi, karena dia belum bersuami sehingga muncul pertanyaan. Maria mendengarkan dengan seksama jawaban malaikat yang meyakinkan Maria tentang Elisabet, saudaranya, yang sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya, yang disebut mandul. Akhirnya, Maria berserah total pada kehendak Allah dengan berkata: “Sesungguhnya aku ini hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.”


Saya pernah mengalami masalah di kantor ketika salah menghitung pajak yang harus dibayar, sehingga terjadi lebih bayar. Spontan reaksi saya kaget dan ketakutan yang luar biasa. Karena pasti kejadian ini akan berdampak pada karir saya. Bisa saja saya dipecat. Dalam keadaan kalut saya sempat berdoa dalam hati: “Tuhan, tolong saya. Apa yg harus saya lakukan?” Setelah berdoa, ada sedikit rasa tenang dan saya mulai dapat berpikir bagaimana cara menyelesaikan masalah ini. Saya memberanikan diri melaporkan kejadian ini kepada pimpinan saya. Ternyata apa yang saya takutkan tidak terjadi. Pimpinan saya memberikan solusi untuk melakukan proses pemindahbukuan atas kelebihan bayar pajak di bulan berikutnya.


Mari kita belajar dari teladan Maria yang tidak berhenti dari sikap terkejut dan takut, melainkan berserah total kepada kehendak Tuhan. Dengan melibatkan Tuhan dalam menyelesaikan setiap persoalan hidup, maka akan membentuk kita menjadi pribadi yang semakin terbuka pada kehendak dan rencana Tuhan.



Doa :


Ya Tuhan, sesungguhnya aku ini hamba-Mu, terjadilah padaku menurut perkataan-Mu. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang