(Renungan) Kutemukan yang Kucari

Kutemukan yang Kucari
(Regina Dewi Surjani Malingkas)

"Apakah yang kamu cari?" 
Kata mereka kepada-Nya: "Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?" 
(Yoh. 1:38)

Kalender Liturgi Minggu 14 Januari 2024
Bacaan Pertama: 1 Sam. 3:3b-10. 19
Bacaan Kedua: 1 Kor. 6:13c-15a. 17-20
Mazmur Tanggapan: Mzm. 40:2. 4ab. 7-8a. 8b-9. 10
Bacaan Injil: Yoh 1:35-42

Saat itu aku mengikuti pelatihan pendidikan dengan menggunakan metode Montessori. Ada seorang pendidik yang begitu berkesan setiap kali ia mengajar, entah melalui cerita atau ekspresi penyampaian, sehingga poin-poin penting menjadi terasa mudah dipahami, terutama saat menggunakan material sebagai alat ajar.

Mr. Charles, begitu kami memanggilnya, selalu membuat kami “excited” ketika beliau memberikan pengajaran. Jarak tempuh lebih dari 120 km pulang pergi yang harus aku jalani untuk dapat hadir di kelas, tidak menjadi halangan. Selalu ada hal menyenangkan yang didapat setelah mengikuti kelas beliau. Mr. Charles selalu mampu membuat kami menemukan hal-hal menyenangkan dalam setiap pelajaran yang ia berikan, menemukan kecintaan akan dunia pendidikan anak. Aku dan teman-teman sekelas suka mengatakan, demikianlah seharusnya seorang pendidik, kita sudah menemukannya. Sungguh beruntung mereka yang mendapat pengajaran dari beliau.

Injil hari ini menuliskan bagaimana awal murid-murid Yesus menemukan Yesus, Sang Guru. Tentunya setiap dari kita memiliki kisah sendiri bagaimana pada akhirnya menemukan Tuhan. Demikian pula dengan murid-murid Yesus yang pertama, mereka juga memiliki kisahnya sendiri, yang mungkin hanya merupakan kisah sederhana dalam perjumpaan mereka dengan Yesus. Tanpa proses yang rumit, para murid pertama langsung datang dan bertemu Yesus, kemudian tinggal bersama Dia. Secara tersirat hal ini mengungkapkan kerinduan para murid untuk bertemu Yesus, Sang Guru. 

Sebagaimana kita ketahui, setiap orang pasti punya keinginan untuk mendapatkan yang lebih baik dalam hidupnya, termasuk menemukan figur yang diharapkannya, karena tentu setiap orang berharap dapat bertemu dengan figur yang tepat. Para murid pertama menemukannya dalam diri Yesus. Bahkan kemudian mereka tinggal serta belajar bersama Yesus, mengikuti dan melakukan apa yang dikatakan oleh-Nya.

Aku telah menemukan Yesus Kristus, Sang Guru. Ia memanggilku untuk tinggal di dalam Dia agar lebih mengenal-Nya dan melakukan kehendak-Nya. Dengan melakukan kehendak-Nya dengan sungguh-sungguh, aku dapat menemukan dan merasakan kisah indah bersama Yesus.

Bagaimana dengan anda, apakah sudah menemukan apa yang anda cari?

Doa:

Tuhan Yesus, puji dan syukur aku panjatkan kepada-Mu atas segala yang telah Kau ajarkan. Terima kasih karena aku dapat menemukan kisah indah bersama-Mu, dan ajarlah aku untuk tetap bertekun, taat dan setia melakukan kehendak-Mu. Amin.


https://parokistpaulusdepok.org/wp-content/uploads/1102014617_univ_lsr_lg.jpg


Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang