(Renungan) Wartakanlah Perbuatan Ajaib Tuhan

Wartakanlah Perbuatan Ajaib Tuhan
(Ign. Hardjo Subroto Lilik)


Ceritakanlah kemuliaan-Nya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib di antara segala suku bangsa. 
(Mzm. 96:3)


Kalender Liturgi Jumat, 26 Januari 2024
Bacaan Pertama : 2Tim. 1:1-8
Mazmur Tanggapan : Mzm. 96:1-2a. 2b-3. 7-8a. 10
Bacaan Injil : Luk. 10:1-9


Mazmur yang ditulis Daud ini dimulai dengan ajakan untuk memuji Allah dengan bernyanyi bagi Tuhan. Tiga kali dalam Mazmur ini, kita diajak untuk bernyanyi bagi Tuhan (ayat 1-2). Bernyanyi bagi Tuhan merupakan pujian bagi-Nya. 

Memuji Tuhan melalui nyanyian merupakan ajakan untuk mengatakan yang baik tentang Dia, agar dapat membawa orang lain berpikiran yang baik pula tentang Dia (ayat 1). Memuji Tuhan hanya mampu dilakukan jika hati kita dipenuhi syukur dan hormat kepada-Nya. Selanjutnya untuk lebih membawa orang lebih memuliakan Tuhan, kita harus menceritakan kemuliaan Tuhan melalui perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dalam hidup kita.

Dalam dua minggu ini, saya dan istri melakukan perjalanan liburan ke Amerika bersama teman sekolah, pasangan Kristiani yang tinggal di Amerika. Dalam perjalanan dengan mobil, saya berkesempatan membagikan pengalaman kemurahan Tuhan, seperti ketika saya dan istri berdoa di gereja memohon bantuan agar rumah kami bisa terjual.

Tuhan sungguh hadir dan bersegera menolong dengan menghadirkan pembeli, yang pada malam harinya menelepon istri saya, menyatakan setuju dengan harga yang ditawarkan. Tuhan tahu yang menjadi pergumulan dan kebutuhan saya, dan Dia seturut dengan rencana-Nya bersegera menolong.

Pasangan yang tinggal di Amerika ini merasa dikuatkan bahwa Allah hadir dalam setiap kejadian hidup dan terlebih jika kita memohon kepada-Nya. Mereka merasa selama ini belum merasakan kejadian-kejadian yang menurutnya ada campur tangan Tuhan. Dengan saling sharing sepanjang perjalanan liburan ini, mereka merasa harus lebih merefleksikan campur tangan dan kemurahan Tuhan dalam hidup mereka. Saya sungguh bersyukur perjalanan liburan ini bisa memberikan penguatan bagi teman saya ini agar mereka bisa semakin memuliakan Tuhan.

Semoga seperti Mazmur ini, kita semua selalu menyanyikan lagu baru bagi Allah, menceritakan perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dalam hidup kita setiap hari, sehingga nama Allah semakin dimuliakan.


Doa : 

Allah Bapa di surga, terima kasih atas kemurahan-Mu karena kami berdua boleh berlibur dan bertemu teman yang tinggal jauh di benua lain. Ternyata Engkau punya rencana yang indah selain berkat liburan bagi kami, juga kami boleh mewartakan perbuatan-Mu yang ajaib dalam hidup kami, yang bisa membawa orang lain untuk memuliakan Engkau juga. Curahkan rahmat-Mu agar kami senantiasa mampu melakukannya setiap hari. Amin.


https://wol.jw.org/id/wol/mp/r25/lp-in/w22/2022/859

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang