(Renungan) Tanda

 Tanda
(Grace A.S) 


Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus :
"Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda,
tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
(Luk. 11: 29)


Kalender Liturgi Rabu, 21 Februari 2024
Bacaan Pertama : Yun. 3:1-10
Mazmur Tanggapan : Mzm 51:3-4. 12-13. 18-19
Bacaan Injil : Luk. 11:29-32


Pada ayat ini Yesus menyatakan bahwa angkatan ini adalah angkatan yang jahat yang menghendaki suatu tanda. Tapi Yesus menyatakan bahwa mereka hanya akan diberikan tanda nabi Yunus. 

Tanda, adalah sesuatu yang  dipakai oleh bangsa Yahudi untuk menyakini bahwa Yesus adalah Sang Mesias. Tanda yang diberikan Yesus adalah tanda nabi Yunus. Bangsa Yahudi tahu kisah nabi Yunus yang datang kepada bangsa Niniwe untuk menyampaikan perintah Allah agar bangsa Niniwe bertobat. Sedangkan Yesus datang kepada bangsa Yahudi, juga untuk mewartakan Kerajaan Allah sudah dekat, bertobatlah.

Biarpun Yesus telah memberikan tanda nabi Yunus dan banyak mukjizat yang telah dilakukan. Namun bangsa Yahudi karena bertegar hati tetap tidak mengerti dan masih menunggu kedatangan Mesias sampai sekarang.

Dalam keseharian, kita sering kesasar sewaktu kita mengendarai mobil atau motor, meskipun sudah mendapat arahan yang jelas, tetapi keadaan di lapangan dan yang di peta sering berbeda dan membuat kita bingung. Apalagi jika kita berada di daerah yang baru dan kita belum pernah mengunjunginya. Hal itu yang saya alami sewatu baru mulai bekerja di tempat yang baru. Di mana lebih dari 2 minggu pada waktu berangkat  ke kantor dan pulang dari kantor, meskipun memakai map, saya selalu kesasar. Karena daerah yang baru ini banyak sekali belokan, perempatan, dan putarannya. Saya sampai merasa putus asa dan berdoa mohon kekuatan serta bertanya-tanya apakah ini yang tempat yang ditunjukkan Tuhan Yesus untuk saya berkarya. Lalu Tuhan memberikan bantuan melalui teman kerja yang mau menunjukkan arah. Semenjak saat itu perjalanan saya menjadi lancar.

Seringkali kita lupa untuk berdoa memohon pertolongan Tuhan dalam melakukan perjalanan maupun kegiatan sehari-hari. Agar kita dapat sampai ke tujuan dengan selamat dan dapat mengerjakan semua tugas kita dengan sebaik-baiknya. 

Yesus Kristus adalah tanda bagi kita untuk menuju kepada Allah. Janganlah kita ragu lagi. Marilah kita setia dan teguh untuk selalu berdoa memohon pertolongan Tuhan Yesus.


Doa :

Tuhan Yesus, kami sering mengalami keraguan akan kehadiran-Mu dalam hidup kami. Bukalah hati dan pikiran kami, agar kami mau setia dan tidak ragu akan kehadiran-Mu setiap hari dalam hidup kami. Amin.


https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQPvnnf0MG3Jl_8JikSpTkU6UOTIKcgkcpw-A&usqp=CAU



Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang