(Renungan) Akulah Jalan

Akulah Jalan
(Yohanna Fransisca Tjen Nonie)


"Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." 
(Yoh.14:6)


Kalender Liturgi Jumat, 26 April 2024
Bacaan Pertama : Kis.13:26-33
Mazmur Tanggapan : Mzm. 2:6-7. 8-9. 10-11
Bacaan Injil : Yoh. 14:1-6


Pada Injil hari ini Tuhan mengatakan, bahwa banyak tempat di rumah Bapa dan Dia sendiri akan mempersiapkan segalanya untuk semua orang yang percaya kepadah-Nya. Manusia akan menjalani akhir hidup di dunia dengan kematian tubuh jasmani. Setelah kematian ini Tuhan menjamin ada tempat di rumah Bapa yaitu surga. Jiwa orang percaya yang mengikuti jalan Tuhan akan mendapatkan keselamatan Tuhan di dunia maupun akhirat. Karena hanya melalui Dia kita bisa sampai kepada Bapa.

Percaya kepada Tuhan memang tidak bisa dipaksakan, walau sudah diberi penglihatan, menyaksikan banyak kebaikan-Nya dan menikmati "pemberian-Nya" setiap hari, tetap sulit untuk percaya. Percaya itu datang dari hati dan jiwa yang berserah total kepada kehendak Tuhan, karena mengakui kuasa Allah dan kasih-Nya.

Merenungkan Injil hari ini, saya merasakan ketenangan dan kepercayaan yang kuat kepada Allah. Saya berkeyakinan dan percaya bahwa anak kedua saya yang sudah pergi seribu hari yang lalu menghadap Bapa, mendapatkan tempat yang Tuhan janjikan tersebut, tempat yang baik dan indah di surga, karena dia percaya dan ikut jalan Tuhan selama hidupnya.

Saya pun ingin menyerahkan keselamatan dan hidup saya hanya kepada Tuhan, dengan pengharapan bahwa ada kehidupan kekal bersama-Nya nanti di surga. Saya percaya kepada Tuhan yang bangkit dan hidup, seperti kesaksian para murid-Nya sendiri, yang mengatakan bahwa Tuhan Yesus telah dibangkitkan oleh Allah dari antara orang mati. Dia selalu menyertai para murid, dengan menampakan diri kepada mereka yang taat mengikuti-Nya dari Galilea sampai Yerusalem. Murid-murid inilah yang kemudian menjadi saksi-Nya (Kis. 13:30-31).

Marilah kita percaya hanya kepada-Nya, ambil bagian menjadi saksi Kristus dari pengalaman pribadi kita, bahwa Yesus adalah jalan satu-satunya menuju keselamatan kekal dan kebahagian abadi.


Doa : 

Bapa yang Mahabaik, aku percaya kepada-Mu, melalui Tuhan Yesus Kristus yang bangkit dan hidup, jalan kepada Bapa, dan menyerahkan semua hidupku kepada-Nya, terima kasih Tuhan. Amin.



https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRxtlOaFVudagJvZjizySnN28Ja3rekfzveFA&s



Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang