(Renungan) Aku Percaya

Aku Percaya
(Yohanna Fransisca Tjen Nonie)


Maka katanya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!"
(Mrk. 5:34)


Kalender Liturgi Minggu, 30 Juni 2024
Bacaan Pertama : Keb. 1:13-15; 2:23-24
Mazmur Tanggapan : Mzm. 30:2. 4. 5-6. 11. 12a. 13b
Bacaan Kedua : 2Kor. 8:7. 9. 13-15
Bacaan Injil : Mrk. 5:21-43


"Percaya" adalah suatu kekuatan pikiran menembus hati; sehingga tergeraklah sebuah aksi, yang menjadikan segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Berkat kuasa Allah, terjadilah mukjizat.

Dalam bacaan Injil hari ini ada aksi dari dua orang yang sudah mendengar perbuatan kasih Tuhan Yesus yang Maha Dahsyat, dan mereka percaya kepada-Nya. Seorang kepala rumah ibadat yang bernama Yairus, datang memohon kepada Tuhan untuk kesembuhan anak perempuannya yang sedang sakit dan hampir mati. Serta seorang perempuan yang menderita sakit pendarahan selama 12 tahun.  Ia mendekati Yesus dari belakang, dan dengan penuh iman ia berkata dalam hati: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh." 

Saya kagum atas kekuatan kepercayaan perempuan tersebut kepada Tuhan Yesus, dan mengakui bahwa iman kepercayaan seperti ini terjadi juga kepada saya. Karena saya mengenal sosok Tuhan Yesus yang Maha Baik, Maha Pengasih dan Maha Penolong.

Sewaktu saya mengalami pengeroposan pada tulang dengkul kanan, diagnosa dokter sesuai hasil rontgen sudah level tinggi, yaitu level 4. Hal itu terjadi 6 tahun lalu, saat kaki saya sakit dan sulit untuk berjalan. Saya memohon dengan percaya penuh kepada Tuhan untuk memberikan kesembuhan, dan mendapatkan berkat untuk kaki saya yang sakit ini. Sekarang saya tetap aktif beraktivitas, bisa traveling ke mana-mana, dan giat melaksanakan aktivitas gerejani.

Kepercayaan yang ada di tiap orang berbeda. Apakah hanya bagi dirinya sendiri, atau mau berbagi dengan meneruskan kuasa dan kasih Allah kepada sesama. Sehingga menjadi pengikut Tuhan yang selalu berbuat baik dan penolong, seperti tulisan Rasul Paulus dalam 2Kor. 8:7 "Maka sekarang, sama seperti kamu kaya dalam segala sesuatu, - dalam iman, dalam perkataan, dalam pengetahuan, dalam kesungguhan untuk membantu, dan dalam kasihmu terhadap kami - demikianlah juga hendaknya kamu kaya dalam pelayanan kasih ini.”

Kepercayaanku teguh kepada-Mu Tuhan. Tidak ada gelombang maupun badai yang bisa menumbangkan iman kepercayaanku. Bagaimana dengan saudara, apakah sudah menyerahkan segalanya dan percaya hanya pada-Nya? 


Doa :

Tuhan Yesus Kristus, penolong dan penyembuhku, terimakasih atas berkat kesembuhan dan pertolongan-Mu selama ini. Kasih-Mu abadi selamanya, Amin.



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang