(Renungan) Engkaulah Mesias, Anak Allah yang Hidup!

Engkaulah Mesias, Anak Allah yang Hidup! 
(Nina Agustina)


“Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”
Maka jawab Simon Petrus: ”Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”
(Mat. 16:15-16)


Kalender Liturgi Sabtu, 29 Juni 2024
Bacaan Pertama : Kis. 12:1-11
Mazmur Tanggapan : Mzm. 34:2-3. 4-5. 6-7. 8-9
Bacaan Injil : Mat. 16:13-19


Kebiasaan di kantor saya, jika ada teman yang keluar, pindah kerja atau pensiun, maka semua pegawai diminta untuk menuliskan pesan dan kesan untuk orang tersebut. Hal ini cukup sulit bagi saya. Meskipun  bergaul lama dengan  seseorang, belum tentu saya bisa mengenalnya dengan baik, apalagi jika orang yang bersangkutan kurang terbuka. Sehingga untuk bisa menuliskan kesan tentang seseorang tidaklah mudah. 

Hal sama terjadi pada murid-murid Yesus, walaupun mereka sudah bersama sama dengan-Nya selama 3 tahun. Tercermin ketika Yesus bertanya kepada mereka, ”Kata orang, siapakah anak manusia?” Mereka dapat menjawab dengan lancar. Sayangnya jawaban mereka tidak tepat, ketika Yesus bertanya lebih personal kepada setiap dari mereka tentang siapakah Diri-Nya. Para murid nampak sulit untuk menjawab. Simon Petrus menjawab: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup.” Pengakuan Petrus yang sungguh  luar biasa dan sangat tepat ini, dikatakan  Yesus  berasal dari  Bapa di surga. Dialah yang mengungkapkan kebenaran ini  kepada Petrus, “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di surga (Mat.16:17).

Pengertian yang benar akan Kristus merupakan anugerah dari Bapa. Dengan kita bergaul akrab bersama-Nya dan memiliki iman sejati, kita akan memiliki pengertian yang benar akan siapa Yesus. Setelah Petrus mengatakan hal ini, Yesus mengubah nama Simon anak Yunus menjadi Petrus (batu). Selanjutnya, Yesus akan mendirikan jemaat-Nya yaitu Gereja-Nya di atas batu karang. Yesuslah batu penjuru satu-satunya yang menjadi fondasi dan kepala Gereja, sedangkan kita semua termasuk Simon, adalah batu- batu kecil yang Tuhan pakai untuk membangun Gereja-Nya. Yesus menjadikan Petrus contoh bagi semua orang beriman yang mengakui Yesus sebagai Mesias. 

Bagaimana dengan kita, siapakah Yesus bagi kita? Apakah kita akan menjawab dari hati yang paling dalam bahwa Dialah Mesias,  Anak Allah yang hidup?


Doa :

Tuhan Yesus, berikan aku iman yang sejati. Iman yang memampukan aku untuk meneladani hidup Kristus dan menggerakkan kami untuk terus memberitakan Kristus kepada semua orang. Amin.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Renungan) Api Penyucian

(Renungan) Si Sulung yang Hilang